Cara Termudah Merawat Rem Mobil Mitsubishi Pajero

Cara Termudah Merawat Rem Mobil Mitsubishi Pajero “Wajib Untuk Diketahui”

Cara Termudah Merawat Rem Mobil Mitsubishi Pajero – Untuk hal ini rem pada sebuah kendaraan memiliki fungsi untuk dapat mengurangi dan menghentikan laju sebuah kendaraan secara perlahan. Kita sudah bisa membayangkan apa yang terjadi bila sebuah kendaraan yang diciptakan tidak memiliki sistem pengereman yang baik, tentu kendaraan tersebut akan mencelakakan pengemudinya bahkan pengguna kendaraan yang lain.

Begitu pentingnya sebuah rem sehingga untuk menyempurnakan sistem pengreman dan memberikan efek kestabilan saat pengereman, pada sistem rem sudah dilengkapi dengan ABS “Anti Break Lock Sistem”. Sistem ini berfungsi untuk memberikan efek pengereman yang stabil dan menjaga agar roda-roda tidak selip saat melakukan pengereman di jalan yang licin.

Di atas merupakan sedikit pengetahuan mengenai sistem rem pada sebuah kendaraan. Nah artikel berikut ini akan mengulas bagaimana cara merawat rem bagi kalian pemilik mobil Mitsubishi Pajero supaya aman saat berkendara.

Cara Merawat Rem Mobil Mitsubishi Pajero

Adapun dalam merawat rem mobil Mitsubishi Pajero yang perlu dilakukan atau langkah apa saja simak pemaparannya dibawah ini.

Peralatan Yang Perlu Disiapkan

  • Kunci roda
  • Kunci ofside ukuran 12-14
  • Kunci shock ukuran 21 mm dan handel
  • Kunci momen “untuk mengukur kekencangan mur roda”
  • Ampelas yang paling kasar 1 lembar
  • Break klener
  • Greas/stempet
  • Dongkark dan jack stand
  • Majun
  • Baut ukuran 12 mm
  • Masker

Proses Pengerjaan

Adapun dalam proses pengerjaan yang perlu dilakukan yaitu:

  • Letakkan kendaraan di tempat yang datar dan berlantai yang kuat.
  • Kendorkan semua baut roda dengan menggunakan kunci roda dan stang tapi jangan terlalu kendor.
  • Angkat bagian depan kendaraan dengan menggunakan dongkrak sampai roda depan terangkat lalu pasang jack stan di tempat yang sudah ditentukan, begitu juga dengan roda belakang.
  • Setelah kendaraan terangkat, lepaskan semua roda.
  • Lepaskan kampas rem bagian depan kri dan kanan, dengan melepas baut pengikat kaliper yang berukuran 14 mm.
  • Sebelum melepas tromol belakang lepaskan dulu rem tangan agar tromol dapat berputar dengan bebas sehingga kita dapat dengan mudah membuka tromolnya.
  • Jika masih sulit untuk dibuka kita bisa menggunakan baut yang berukuran 12 mm dengan memasukkan ke dalam ulir yang telah disediakan di tromol bagian luar lalu masukkan dan putar baut tersebut searah jarum jam sampai tromol terlepas.
  • Setelah semua kampas rem dan tromol terlepas, gosok komponen tersebut dengan ampelas yang telah disediakan.
  • Semprot debu halus yang terdapat di tromol dan kampas rem dengan udara bertekanan. Saat melakukan hal ini disarankan untuk memakai masker “karena debu dari kampas rem yang terhirup dapat menyebabkan gangguan kesehatan”.
  • Semprot semua kampas rem dengan menggunakan break cleaner.
  • Berikan sedikit greas/stempet pada bagian yang bergesekan dengan baking plat untuk rem belakang dan yang bergesekan dengan kaliper untuk kampas depan.
  • Pasang kampas rem depan dan kencangkan baut yang beukuran 14 mm “pastikan benar-benar kencang”.
  • Pasang tromol bagian rem belakang.
  • Pasang semua roda, kencangkan dengan sedikit hentakan tangan agar semua dudukan tepat pada poosisinya.
  • Sebelum kendaraan diturunkan, ukur kekencangan mur roda dengan menggunakan kunci momen, momen untuk mur roda bervariasi sesuai spesifikasi masing-masing pada setiap kendaraan. Untuk mobil Pajero kita berikana momen sebesar 12 mm “neuton meter”.
  • Turunkan kendaraan.

Bila ketebalan kampas rem sudah melebihi batas yang telah ditentukan, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru, agar sistem pengereman pada kendaraan mobil Pajero kalian selalu dalam kondisi yang prima. Disarankan untuk melakukan pengecekan sistem rem secara berkala, yaitu setiap 20 ribu km dan mengganti minyak rem setiap 40 ribu km.

Nah itulah beberapa langkah dalam merawat rem mobil Mitsubishi Pajero kesayangan kalian. Karena sistem rem pada mobil Pajero sport sudah dilengkapi dengan sistem ABS maka hal ini juga bisa diterapkan pada semua jenis kendaraan passenger car yang memiliki sistem yang sama.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Termudah Merawat Rem Mobil Mitsubishi Pajero semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]

[/su_spoiler]