Software Edit Video Ringan

Posted on

Software Edit Video Ringan yang Wajib Dicoba

Seiring dengan meningkatnya tren Youtuber sebagai salah satu profesi kekinian, edit video adalah skill yang harus dimiliki banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk itu. Kalaupun bisa, tidak semuanya memiliki perangkat dengan jeroan tangguh untuk edit video. Kalau Anda mengalami hal yang sama, coba gunakan software edit video ringan.

Selama ini, aplikasi buat edit video dari PC cenderung berat, apalagi saat sedang render. Kalau perangkat tidak lunak, aplikasi bisa forced close atau hang. Kejadian seperti ini tentu bikin kesal, apalagi kalau data editan sampai hilang. Kerja keras selama berjam-jam jadi sia-sia. Oleh karena itu, memakai aplikasi ringan sangat disarankan untuk mereka yang membutuhkan.

 

Pilihan Software Edit Video Ringan yang Cocok untuk Semua Orang

Kalau ingin mengedit video yang sempurna dan digunakan untuk jalan cari uang, perangkat yang hebat memang dibutuhkan. Namun, kalau memang asetnya terbatas, gunakan saja aplikasi biasa yang ringan dan bisa Anda gunakan untuk menyunting video sampai selesai. Berikut beberapa di antaranya.

 

  1. Kinemaster

Kinemaster
Kinemaster

Kinemaster adalah salah satu software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video ringan. Anda hanya butuh ponsel Android untuk melakukan segala proses seperti memberikan banyak layer, menambahkan media, melakukan pratinjau otomatis ke proses render. Video yang nantinya sudah jadi bisa langsung disimpan atau dibagikan ke medsos yang Anda miliki.

Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan dengan mudah. Namun, ada beberapa aset premium yang membutuhkan biaya langganan. Kalau Anda ingin mendapatkan semua fitur yang ada dan tidak ada batasan sama sekali, coba versi profesionalnya. Harga langganan sekitar 70 ribu per bulan atau 450 ribu buat satu tahunnya.

Kelebihan versi langganan dan biasa, selain pada aset yang melimpah adalah tidak adanya tanda air atau watermark. Jadi, video yang dihasilkan sudah sama dengan video profesional lain dari para Youtuber ternama.

 

  1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Windows Movie Maker

Pengguna komputer Windows pasti tidak asing lagi dengan software Windows Movie Maker. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah menyunting aneka jenis video sesuai dengan keinginan. Apalagi aplikasi tidak terlalu berat, sehingga video bisa Anda buat dengan lebih mudah tanpa memicu hang.

See also  Software Desain Rumah

Desain antar muka dari Windows Movie Maker memang tidak terlalu banyak perubahan. Meski demikian, fiturnya terus diperbarui dari waktu ke waktu. Kalau Anda ingin membuat video sederhana dan tidak terlalu membutuhkan banyak ornamen, aplikasi ini jadi pilihan yang tepat. Apalagi beberapa komputer sudah memilikinya sejak awal memasang OS.

 

  1. Kdenlive

Kdenlive
Kdenlive

Hal yang paling disukai oleh banyak orang adalah sesuatu yang gratis seperti Kdenlive ini. Meski aplikasinya gratis dan tergolong open source, fitur yang ditawarkan cukup lengkap khususnya dalam hal trimming, menambahkan media di beberapa layer, menambahkan caption, sampai ke proses render. Setelah video selesai Anda bisa membaginya ke Twitter atau Youtube.

Fitur menarik lain dari Kdenlive adalah mampu mematikan komputer setelah proses render selesai. Jadi, Anda tidak perlu menunggu terus di depan laptop atau komputer. Saat proses render dilakukan, Anda bisa tinggal untuk melakukan pekerjaan lainnya.

 

  1. FilmoraGo

FilmoraGo
FilmoraGo

Perkembangan software edit video ringan terus meningkat, khususnya pada ponsel. Aplikasi bernama FilmoraGo menjadi salah satunya. Hanya bermodal satu aplikasi ini saja, Anda bisa membuat video pendek dengan kualitas yang baik. Apalagi ada banyak fitur menarik seperti penambahan tema sampai efek yang membuat video jadi menarik.

Seperti halnya Kinemaster, aplikasi ini sebenarnya gratis. Hanya saja pada bagian akhir ada watermark atau potongan logo dari aplikasi tersebut. Kalau ingin bagian itu hilang, tentu harus berlangganan terlebih dahulu. Biayanya tidak terlalu mahal dan apa yang nantinya Anda dapatkan jauh lebih banyak.

 

  1. Movavi

Movavi
Movavi

Hal paling penting, kalau Anda baru saja ingin melakukan penyuntingan video, Anda harus mempelajari aneka dasar fitur dan juga komponen medianya. Hal seperti ini bisa dipelajari dengan cara memasang Movavi pada komputer atau laptop yang Anda miliki. Selanjutnya, lakukan trial and error sampai menguasai semuanya.

Aplikasi Movavi yang banyak digunakan orang ini sejatinya gratis dan bisa dipakai kapan saja. Fiturnya cukup lengkap untuk penyuntingan video sederhana. Ukuran aplikasi tidak terlalu besar, sehingga bisa digunakan pada komputer lama sekalipun. Saat video dirender, kemungkinan komputer jadi lemot atau hang juga kecil.

 

  1. Pinnacle Video Spin

Pinnacle Video Spin
Pinnacle Video Spin

Ada dua hal penting yang harus dimiliki oleh aplikasi edit video. Pertama adalah mudahnya dipakai karena memiliki desain antar muka yang sederhana. Kedua adalah ramah dengan pemula. Jadi, meski baru pertama kali melakukan penyuntingan, video yang dihasilkan bisa sempurna dan sesuai dengan keinginan.

See also  Aplikasi Pemotong Lagu

Dua hal penting dari aplikasi sunting video tersebut ada pada Pinnacle Video Spin. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda mengedit apa saja dengan mudah tanpa harus ahli terlebih dahulu. Selain itu aplikasi juga sangat ringan, sehingga bisa dipasang pada aneka komputer. Bahkan dengan RAM dan video graphic standar.

 

  1. HitFilm 4 Express

HitFilm 4 Express
HitFilm 4 Express

Aplikasi sunting video ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis video secara profesional. Anda bisa menggunakan aplikasi yang gratis untuk belajar atau menggunakan versi berbayar yang berbagai fitur di dalamnya sudah terbuka. Jadi, sesuaikan dulu kebutuhan Anda apakah untuk belajar atau memang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan.

Meski hanya memakai versi gratisan saja, Anda masih bisa kok menggunakan fitur dasar yang cukup mumpuni. Video yang nantinya dihasilkan juga profesional. Semua komputer bisa digunakan untuk memasang aplikasi ringan ini. Proses render cukup cepat, sehingga Anda tidak perlu banyak menunggu seperti saat memakai aplikasi sunting video lainnya.

 

  1. Blender

Blender
Blender

Software terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat video dan tidak terlalu memberatkan aset yang dimiliki adalah Blender. Anda bebas melakukan edit apapun, mulai dari penambahan layer tanpa batas, sampai memberikan suara untuk latar belakang. Video juga bisa ditambahkan aneka caption menarik dan beberapa animasi.

Blender bisa dipasang pada komputer jenis Windows dengan ukuran tidak terlalu besar. Jadi, meski komputer yang Anda miliki tidak memiliki spesifikasi tinggi masih bisa digunakan dengan baik. Oh ya, satu lagi hal menarik dari Blender yang membuatnya layak untuk dicoba, software ini bisa digunakan untuk membuat animasi 3D sederhana dengan mudah.

Software edit video ringan bisa digunakan untuk mendapatkan video kualitas baik, asal dimanfaatkan semua fungsinya. Ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan mulai dari sulih suara, mempercepat video, memasukkan aneka media, sampai melakukan transisi dengan sempurna. Proses render juga cepat, sehingga video bisa segera diunggah.

Hal terpenting sebelum memilih aplikasi buat edit video adalah memahami kebutuhan. Kalau kebutuhan Anda hanya sekadar membagi momen saja, sepertinya cukup. Namun, untuk kebutuhan profesional seperti mengerjakan milik klien, mungkin ada baiknya mempertimbangkan perangkat yang lebih baik di kemudian hari.