Software Desain Rumah

Posted on

8 Software Desain Rumah Terbaik untuk PC atau Laptop 2020

PromofirstMedia Seiring kemajuan zama yang pesat, Anda sudah dapat melakukan rancangan model bangunan rumah melalui bantuan software desain rumah. Adanya software atau perangkat lunak ini membantu Anda untuk mengerjakan desain dalam model rancangan mulai dari sketsa, 2D, hingga 3D.

Software–software yang dikembangkan pada software tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat penggunanya pada saat mendesain rumah. Berikut ini daftar rekomendasi software yang bisa Anda gunakan untuk mendesain sebuah rumah.

 

Daftar Rekomendasi Software Desain Rumah Terbaik

 

ArchiCAD

ArchiCAD adalah software yang dikembangkan oleh developer Graphisoft asal Hongaria. Software ini mulai dirilis pada tanggal 15 Juni 2011. Anda bisa melakukan desain bangunan dalam bentuk 2D dan 3D secara cepat dan profesional. Pihak pengembang juga mengklaim bahwa aplikasi desain ini sudah all in one. Hal ini membuat software ArchiCAD dapat dioperasikan oleh user profesional maupun mahasiswa.

Selain mudah dipelajari, aplikasi ini juga memiliki fitur yang beragam. Seperti terdapat layer yang dibuat secara otomatis untuk setiap lantai. Gambar yang dihasilkan dari dua output yang berbeda akan dibuat saling terhubung agar dapat melakukan update otomatis. Tidak hanya itu, tersedia fitur untuk melakukan render dengan kualitas terbaik. Render ini juga bisa menghasilkan format berupa image atau movie.

 

Chief Architect

Chief Architect merupakan aplikasi desain rumah yang dirilis pada tahun 1993. Arsitek profesional yang memiliki jam terbang tinggi lebih menyukai aplikasi CA. Hal ini yang menyebabkan harga lisensi aplikasi menjadi lebih mahal. Chief Architect memiliki banyak fitur yang berguna untuk memudahkan suatu pekerjaan. Salah satunya yaitu terdapat fitur untuk membuat desain rumah rumah dengan cepat.

Aplikasi ini juga memberikan efek 2D dan 3D yang terlihat realistis. Mulai dari tembok, pintu, hingga jendela terlihat sangat nyata dan detail. Selain itu, terdapat fitur rendering dengan gaya visualisasi yang bisa menggunakan perspektif 2D atau 3D. Anda juga bisa melakukan eksport file ke dalam bentuk mode 360 derajat. Format yang bisa dihasilkan termasuk cukup lengkap mulai dari .dwg, .obj, .dae, hingga .dxf.

 

See also  Software Edit Video Ringan

AutoCAD Architecture

Software selanjutnya yang bisa digunakan untuk desain rumah adalah AutoCAD Architecture. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 20 Maret 2016. AutoCAD Architecture memiliki banyak fitur yang dapat membantu para arsitektur dalam melakukan penyusunan secara lebih efisien dan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan interface yang sederhana agar memudahkan pengguna dalam menjalankan aplikasi.

Salah satu kelebihan software ini adalah tersedia fitur Autocad map 3D. Dengan adanya fitur ini membuat Anda dapat melakukan konversi data ke model industri, data topografi, serta tools analisis. Selain itu, AutoCAD Architecture juga memberikan sesi trial gratis bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi selama satu bulan penuh. 

 

Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture merupakan aplikasi desain rumah yang memiliki tingkat kerumitan lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Vectorworks Architecture mulai dirilis pada tahun 1998 dan pengguna aplikasi ini kebanyakan berasal dari kalangan para desainer atau arsitek profesional. Anda bisa membuat berbagai proyek besar dengan cepat dan sempurna.

Keunggulan aplikasi ini adalah dapat mengubah sketsa menjadi mode BIM atau Building Information Model dengan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi semua orang yang terlibat di dalam proyek agar bisa memantau proyek dan melakukan peninjau secara langsung. Anda akan mendapatkan masa percobaan gratis selama satu bulan penuh bagi pengguna baru.

 

Autodesk Revit

Software selanjutnya adalah aplikasi yang bernama Autodesk Revit. Aplikasi ini rilis pertama kali pada tanggal 5 April tahun 2000. Autodesk Revit dikembangkan untuk pengguna yang ingin memperoleh desain rumah yang berkualitas tinggi dan akurat. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur yang berisi informasi mengenai alur model bangunan kerja. Tentunya ini membantu Anda untuk melakukan analisa konsep.

Kelebihan lain dari software Autodesk Revit adalah bisa melakukan dokumentasi tentang seluruh proyek yang sedang dikerjakan. Aplikasi ini tergolong cocok bagi Anda yang lebih memprioritaskan fungsionalitas. Anda juga bisa melakukan konversi model bangunan 2D ke model 3D secara cepat. Selain itu, hasil dari proyek bangunan yang dikerjakan dapat dilihat dari berbagai semua sudut.

 

Softplan

Softplan merupakan perangkat lunak yang mengklaim bahwa aplikasi mereka easy to use. Software ini diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2004. Softplan memiliki keunggulan untuk menyimpan semua proyek yang sedang dikerjakan secara detail dan tersusun. Tidak hanya itu, aplikasi juga menawarkan fitur desain 3D, perkiraan biaya asli, dan daftar bahan bangunan.

Aplikasi ini memiliki fitur 3D modeling yang sangat detail dan intuitif. Hal ini membuat Anda bisa menampilkan proyek yang dikerjakan secara nyata kepada para klien ataupun yang lainnya. Selain itu, aplikasi ini sudah support dengan banyak device XR seperti wmr, oculus, vive, dan hololens. Software Softplan juga akan memberikan Anda masa trial untuk percobaan pertama kali.

 

See also  Aplikasi Edit Suara Untuk PC dan Android

Microstation

Microstation merupakan software desain rumah yang sangat cocok bagi pemula atau orang awam. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Sistem Bentley dan dirilis pada tanggal 11 Mei 2017. Kelebihan dari Microstation adalah memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan lainnya. Hal ini dikarenakan ukuran file dari aplikasi ini lebih kecil dengan software desain rumah lainnya.

Namun, aplikasi ini juga memiliki banyak kekurangan dari tingkat kompatibilitas yang bisa menjadi penghambar bagi Anda dalam mengerjakan suatu desain atau proyek. Salah satunya yaitu aplikasi ini tidak dapat membaca gambar dari hasil format aplikasi AutoCAD. Selain itu, perangkat lunak Microstation hanya kompatibel untuk sistem operasi Windows versi 7 keatas.

 

Space Designer 3D

Aplikasi desainer untuk rumah yang terakhir adalah Space Designer 3D. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 24 Juni 2007 dan memiliki standar minimal untuk device yang rendah. Space Designer 3D berguna untuk Anda membangun desain bagian dalam rumah atau interior. Aplikasi ini juga berguna untuk membuat model basement hingga atap dalam model 2D, 3D, dan sketsa.

Kelebihan dari software ini adalah bisa melakukan preview dengan pencahayaan yang real dan natural berdasarkan lokasi waktu yang ditetapkan. Anda juga bisa melakukan rendering proyek 3D dengan kualitas tinggi dalam rentangan waktu 20 – 60 menit. Selain itu, terdapat juga fitur Drawing Tools untuk obyek eksterior, interior, outdoor, dan dinding.

Semua aplikasi di atas memiliki harga yang lumayan mahal. Hal ini juga tergolong wajar mengingat fitur dan kemampuan yang diberikan dari setiap masing–masing aplikasi desain rumah. Anda perlu melakukan pertimbangan sebelum memilih software yang akan digunakan untuk mendesain rumah. Rekomendasi software desain di atas bisa Anda gunakan untuk melihat kelebihan dari setiap aplikasi.