Cek 6 Komponen,, Power Steering Bunyi Saat Belok

Cek 6 Komponen,, Power Steering Bunyi Saat Belok

Cek 6 Komponen,, Power Steering Bunyi Saat Belok – Dalam hal ini kerusakan pada sistem power steering mobil memang sedikit sulit dideteksi. Karena ada banyak komponen yang terlibat, juga saat ada masalah pada salah satu komponen power steering maka gejalanya juga sama-sama bunyi.

Dan itulah sebabnya banyak deteksi power steering yang keliru, akibatnya sudah keluar banyak biaya dan waktu tetapi masalah belum juga hilang. Namun kalian bisa memahami lebih detail tentang power steering supaya sedikit mengerti tentang masalah apa yang kira-kira ada pasa PS mobil kalian. Nah diartikel kali ini akan dijabarkan secara rinci bagaimana cara mendeteksi tiap komponen power steering kalau terjadi masalah.

Penyebab Power Steering Bunyi

Power steering dibuat untuk meringankan kemudi mobil, memang ada dua jenis power steering yakni power steering hidrolik yang masih menggunakan pompa dan EPS “Elektrik Power Steering” yang sudah menggunakan motor listrik.

Jenis yang sering mengalami bunyi-bunyian ialah power steering jenis pompa. Penyebabnya bisa dari komponen berikut:

Pompa Power Steering

Pompa power steering berfungsi sebagai sumber daya utama power steering. Pompa ini akan memompa oli power steering, oli power steering yang bertekanan digunakan untuk mendorong rack steer ke arah kemudi yang dikehendaki.

Kalau ada bunyi, terutama bunyi dengung saat setir belok patah itu condong ke pompa power steeringnya. Biasanya kerusakan ada dibagian pulley dan poros pompa yang oblak.

Tapi kamu terhitung wajib sedikit detail gara-gara ada sebagian mobil yang sebenarnya normal kecuali setir dimentokan ke kanan dan kiri ada bunyi dengung. Bunyi itu Cuma nampak selagi setir ditahan pada posisi mentok.

Kalau bunyinya nampak selagi setir diputar (belum mentok) padahal sebelumnya tidak berbunyi itu baru masalah. Untuk mendeteksi pompa PS, ada dua cara yang umum.

  • Pertama bersama dengan menggoyangkan pulley pompa, untuk cara ini kamu wajib membiarkan drive belt yang mengaitkan pulley pompa PS. Kalau oblak berarti pompa sudah rusak.
  • Cara kedua, di didalam posisi setir dibelok-belokan kamu bisa mendengarkan bunyinya secara langsung menggunakan dukungan detektor. Anda bisa menggunakan obeng magnet sebagai detektor, caranya tinggal tempelkan ujung obeng magnet ke frame didekat poros pompa dan tempelkan handle obeng ke telinga anda. Bunyinya bisa terlampau terdengar, khususnya selagi setir dibelak-belokan.

Solusi untuk kerusakan pompa yakni bersama dengan menggantinya. Untuk cost ubah itu tergantung merek mobilnya, kebanyakan bisa tembus 2 juta rupiah untuk yang ori.

Oli Power Steering Kurang/Bocor

Oli power steering tidak hanya berfaedah sebagai pelumas namun terhitung sebagai fluida hidrolik yang mentransfer tenaga berasal dari pompa ke rack steer. Kalau olinya kurang, bisa mengakibatkan sistem steering masuk angin supaya bisa mengakibatkan setir sedikit berat dan ada bunyi kasar selagi setir dibelokan. Selain itu, selagi kamu terhubung reservoir oli PS terhitung bisa nampak banyak gelembung.

Dalam posisi mesin OFF, cek ketinggian oli PS. Biasanya tanpa terhubung tutup reservoir terhitung terlihat, gara-gara reservoir ini sedikit transparan. Kalau olinya kurang, jangan buru-buru mengisinya namun cek apakah ada yang bocor atau tidak.

Terlebih lagi kecuali kamu kerap menemui ceceran fluida berwarna merah masing-masing pagi di kolong mobil. Itu bisa menjadi sinyal ada kebocoran. Jadi solusinya, benahi dulu mana yang bocor baru isikan oli power steering sampai di level Maksimal.

Selang High Pressure Rusak

Selang high pressure bisa mengalirkan oli PS bertekanan tinggi berasal dari pompa ke rack steer. Karena di didalam selang ini ada fluida bertekanan maka suasana selang terhitung wajib selalu prima. Ketika ada kerusakan atau suasana fisik selang sudah udzur maka bisa mengakibatkan tanda-tanda layaknya bunyi ini. Biasanya selang yang lembek, terhitung sudah tidak bagus. Sehingga wajib diganti.

Untuk mendeteksinya, cobalah menyimak fisik selang HP ini. Kalau suasana selang lumayan lembek, maka selang wajib diganti. Cek terhitung selagi di didalam posisi mesin nyala sambil setir dibelokan. Biasanya selang ini terhitung bergetar. Kalau selang HP sampai bergetar selagi power steering beroperasi, maka itu wajib diganti.

Long Tie Rod Lemah

Long tie rod adalah batang yang menghubungkan ujung rack steer bersama dengan bagian knucle arm pada roda. Disini terkandung sebuah ball joint untuk terlampau barangkali setir bisa digerak-gerakan pada segala sudut. Ketika ball joint ini oblak atau lemah, maka bunyi kletek-kletek bisa nampak selagi setir dibelokan.

Cek 6 Komponen,, Power Steering Bunyi Saat Belok

Untuk mengecek suasana long tie rod, pertama lepas dulu tie rod berasal dari knucle arm, sesudah itu gerakan tie rod keatas dan kebawah. Harusnya ada sedikit tahanan, atau bersama dengan kata lain menjadi sedikit keras selagi tie rod digerakan keatas dan kebawah. Tapi kecuali terlampau lemah, maka tandanya rusak dan wajib diganti.

Boot Steering Rack Sobek

Boot steering rack ini merupakan karet pelindung joint antara long tie rod dan steering rack. Karet ini berfaedah untuk merawat ball joint berasal dari debu dan kotoran terhitung merawat supaya pelumas pada ball joint tidak bocor. Tapi kecuali karet ini sobek, otomatis ball joint bisa kemasukan kotoran, pelumasnya terhitung bocor supaya mengakibatkan bunyi gesekan selagi setir dibelokan.

Tips sebelum mempunyai mobil ke bengkel, cek dulu komponen-komponen diatas secara visual supaya nanti selagi dibengkel kamu bisa terhitung mendukung mekanik untuk mendeteksi bagian mana yang kurang lebih rusak. Supaya tidak terjadi tidak benar deteksi, tanyakan terhitung bukti bahwa komponen itu sebenarnya rusak sebelum kamu mengambil ketentuan menggantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cek 6 Komponen,, Power Steering Bunyi Saat Belok semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]

[/su_spoiler]