Radiator Cepat Panas ?? Inilah Cara Mudah Mengatasinya,,,

Posted on

Radiator Cepat Panas ?? Inilah Cara Mudah Mengatasinya,,,

Cara Mengatasi Radiator Cepat Panas – Nah berikut ini merupakan scenario umum bila seorang pengemudi melihat lampu peringatan “HOT” engine-nya menyala di dashboard. Bila sistem pendingin kalian gagal mesin bis kepanasan hanya dalam waktu 10 menit. Sehingga tindakan mengendarai mobil dapat berbahaya.

Dan resikonya dapat over heat dan mogok, oleh karena itu kenyaman kalian bisa terganggu. Jadi apa cara terbaik untuk dapat mencegah kegagalan sistem pendingin ?? Hal pertama ingatlah untuk mengganti pendingin kalian dengan teratur dang anti selang kalian seiring bertambahnya usia.

Kedua biasakan diri kalian dengan sisa komponen sistem pendingin utama. Disini kami akan member kalian tanda-tanda peringatan akan terjadinya kegagalan dan memberi  tahu kalian apa langkah yang kalian selanjutnya.

Untuk menghilangkan panas, kipas radiator meniupkan udara luar ke tabung sirip tipis yang diisi dengan pendingin panas. Jika tabung sirip tersumbat di bagian luar radiator, udara tidak dapat mengalir melewatinya dan kipas radiator pun tidak dapat melakukan tugasnya untuk mendinginkan tabung. Nah untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengatasi radiator cepat panas berikut ini pemaparannya dibawah ini:

Dengan Mencari Titik Masalahnya

Mulia pemecahan masalah dengan memeriksa bagian luar radiator. Bila kalian melihat serangga atau kotoran menyumbat sirip selang radiator dengan selang taman dan semprotan nozzle. Jika itu tidak menyelesaikan masalah panas berlebih, periksa kondisi pendingin radiator, dengan mesin dingin, lepaskan tutup radiator dan periksa pendingin.

Jika apa yang kalian lihat setelah memelintir tutup radiator terlihat berwarna cokelat, berlumpur, berkarat atau puing-puing mengambang di dalamnya, kalian kemungkinan besar akan mendapat radiator yang tersumbat.

Radiator Cepat Panas ?? Inilah Cara Mudah Mengatasinya,,,

Sebelum mengganti tutup radiator kalian dapat mencoba membersihkan radiator. Kalian dapat melakukannya dengan bahan kimia pembersih radiator dan flush sistem pendingin, pasang kembali tutup radiator dan lihat apakah overheating dihentikan.

Bila itu masih tidak berhasil, tidak diragukan lagi sistem ini sangat terkorosi dan tersumbat, satu-satunya pilihan yang tersisa ialah mengganti radiator.

Dengan Mengecek Kipas Radiator Mobil

Kipas radiator tersedia dalam dua jenis yakni mekanis dan listrik. Kipas mekanik ditenagai oleh mesin mobil dan kipas itu sendiri jarang gagal. Tapi di sini yang menentukan, sebagian besar kipas mekanik terpasang pada mekanisme kopling yang dikendalikan secara termostatis yang bisa sering gagal.

Jika kalian memiliki kipas mekanis dan mesin kalian terlalu panas dalam berkendara di kota tetapi baik-baik saja pada kecepatan jalan rata kalian mungkin memiliki kopling yang gagal.

Dan tanda lain kegagalan kopling, kebisingan kipas yang berlebihan, dan bahkan saat kendaraan dalam keadaan idle. Kopling mudah diganti, lepaskan kipas, mur penahan kopling lalu tukar unit baru.

Selesaikan Permasalahannya

Dan selain yang sering terjadi juga perlu kalian pahami. Kipas radiator listrik memiliki tingkat kegagalan yang cukup rendah. Akan tetapi jika kipas terus-menerus meniup sekring itu merupakan tebakan yang aman bahwa ia akan keluar.

Pasang kembali seluruh unit kipas, tetapi pertama-tama bacalah manual pemilik kalian dan ikuti rekomendasi pabrikan untuk memastikan jaminan tidak dibatalkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Radiator Cepat Panas ?? Inilah Cara Mudah Mengatasinya,,, semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂