Aplikasi Edit Suara Untuk PC dan Android

Posted on

Anda ingin mendapatkan hasil audio yang baik? Entah untuk kebutuhan apapun, Anda pasti membutuhkan aplikasi edit suara. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengedit audio. Beberapa di antaranya ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Selain itu ada juga yang khusus untuk PC dan ada juga yang khusus untuk Android saja. Untuk tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah butuh yang gratis atau tidak, yang PC atau Android, lihat daftar di bawah ini. 

 

Aplikasi Edit Suara PC

Jika Anda memiliki PC yang mumpuni untuk software editing suara, berikut ini beberapa pilihan software editing suara yang bisa Anda pakai. 

 

  • Adobe Audition

Aplikasi edit suara yang pertama dan cukup sering dipakai orang adalah Adobe Audition. Aplikasi ini tersedia secara gratis sekaligus berbayar. Kalau ingin yang berbayar, Anda bisa membayar 300 ribu perbulan. Aplikasi ini juga bisa digunakan di MacOS maupun Windows. 

Aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik karena fitur-fitur yang dimilikinya. Di software ini ada fitur mixing, multi-track editing, auto ducking dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau Anda membeli versi yang berbayar, fitur yang didapatkan akan lebih banyak lagi. 

 

  • Audacity

Jika Anda ingin aplikasi yang lebih mudah penggunaannya dan tidak seribet Adobe Audition, Anda bisa menggunakan Audacity. Aplikasi ini gratis, tapi juga ada versi yang berbayarnya. Software yang satu ini memiliki banyak fitur. 

Fitur tersebut mulai dari tambahan efek bas, distorsi, hingga treble. Lalu fitur penghapusan noise yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dan fitur lainnya. Audacity juga memiliki alat analisis seperti finder silence, beat finder, dan lain sebagianya. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengedit berbagai macam format files mulai dari MP3, FLAC, WAV, AIFF, dan lain-lain.

 

  • Reaper

Reaper merupakan aplikasi edit audio yang terbilang kuat dan memiliki banyak fitur. Misalnya, kemampuan untuk melihat beberapa track, lalu ada juga dukungan multichannel sampai 64 saluran di setiap tracknya. Menarik bukan? 

Jika Anda ingin merekam audio secara langsung ke jenis stereo, mono, atau multi kanal, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan banyaknya fitur yang dimiliki Reaper, yang jadi kekurangan adalah interfacenya yang tidak sesederhana Audacity atau Adobe Audition. Jadi, Anda harus belajar dulu menggunakan Reaper kalau ingin lancar menggunakannya. 

 

  • Presonus Studio One

Mungkin Anda yang awam, jarang mendengar aplikasi ini. Tapi, Anda patut mencoba Presonus Studio One 4 jika ingin mengedit suara. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang keren dan sangat mendukung pekerjaan Anda mengedit audio. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat prototipe sebuah lagu secara cepat.

Presonus Studio One 4 ini bisa memodulasi kunci, menambah chord, sehingga lagu Anda jadi lebih enak didengar. Tapi, kekurangannya adalah aplikasi ini tidak cocok untuk pemula. Presonus memang dibuat untuk profesional. Tapi, kalau Anda pemula dan ingin belajar, tak masalah jika ingin menggunakan aplikasi ini. 

 

  • Cubase

Aplikasi produksi Steinberg ini adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda coba. Cubase memiliki fitur equalizer frekuensi yang bisa Anda buat untuk mengedit frekuensi track audiomu hingga menjadi sangat halus. 

Cubase juga memiliki fitur Audio-ins yang bisa Anda gunakan untuk filter dan memasang efek pada track audio. Tapi, aplikasi ini berbayar dan harganya mulai dari 1,6 juta rupiah. Untuk yang pemula dan hanya mau coba-coba, sebaiknya cari aplikasi yang lain. 

 

  • Ableton Live

Aplikasi ini bisa dipakai untuk Windows dan Mac. Software yang satu ini memungkinkan Anda untuk memasukkan banyak lapisan track di projek Anda. Jadi, kalau Anda butuh musik atau audio yang ramai, Ableton live bisa menjadi pilihan. 

Selain itu, ada fitur MID capture, 256 mono output channels, dan banyak fitur lainnya. Ketika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan 70 GB suara pra-rekaman. Suara itu bisa Anda pakai untuk projek yang sedang dikerjakan. 

 

See also  Aplikasi Bingkai Foto Keren

Software Untuk Edit Suara Di Android

Untuk Anda yang tidak memiliki PC yang mumpuni, Anda bisa menggunakan Android atau Smartphone untuk mengedit suara. Ini beberapa aplikasi edit suara di Android yang bisa Anda pakai. 

 

  • Timbre

Aplikasi ini dirilis oleh TImbre Inc. Timbre memiliki banyak fitur yang bisa Anda pakai, entah untuk merekam audio atau untuk mengeditnya. Salah satu fitur yang bisa Anda pakai adalah Audio Converter dan Video Converter. Fitur yang satu ini jarang Anda temui di software editing audio. 

Seperti kebanyakan aplikasi smartphone lain, Anda bisa mendapatkan fitur yang lebih banyak ketika membayar langganan. Tapi, Anda disarankan coba dulu fitur gratisnya, jika dirasa kurang, barulah menggunakan fitur berbayar. 

 

  • Super Sound

Software ini hanya memiliki ukuran 20 MB dan terbilang salah satu aplikasi edit audio yang paling ringan. Aplikasi ini bisa mengedit suara dengan fitur composing. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan pemotongan audio, mencampur audio tertentu, mengubah suara, sampai convert file. 

 

  • Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor bukan hannya mampu mengedit suara, tapi juga bisa mengedit video. Aplikasi yang dirilis oleh PAMSY ini juga memiliki banyak fitur lain. Misalnya delete audio, mengatur tempo audio, hingga composing. 

 

  • Mstudio

Software buatan Selfcolder Mobile ini memiliki banyak sekali fitur yang bisa membantu Anda. Misalnya, Mp3 merger yang bisa menggabungkan beberapa file MP3, lalu Change tempo yang bisa mengubah tempo, change pitch yang bisa mengubah pitch atau nada dari suara tersebut, dan lain sebagainya. 

Mstudio juga terbilang sangat mudah pengoperasiannya. Anda tinggal menekan tombol tertentu sesuai kebutuhan. Ukuran Mstudio sangat kecil, hanya 15 MB. Jadi, Anda tak perlu khawatir aplikasi ini memenuhi smartphone Anda. 

 

  • WavePad Master’s Editor

Software editing audio yang terakhir adalah Wavepad Master’s Edition. Aplikasi ini berbayar dengan harga yang ditawarkan sebesar 15 dolar atau sekitar 170an ribu rupiah. Terdengar cukup mahal? Mungkin tidak, jika Anda tahu kemampuan aplikasi ini. 

Wavepad Master’s Edition sudah seperti aplikasi editing audio yang mirip dengan aplikasi editing audio di PC. Fiturnya pun banyak sekali. Anda bisa memotong, merekam, menaikkan nada, menghilangkan noise di latar belakang dan lain sebagainya. 

 

  • Equalizer & Bass Booster

Equalizer & Bass Booster sangat gampang dipakai. Interface dari aplikasi ini juga sangat sederhana. Fitur utama dari aplikasi ini adalah editing audio dan menambahkan efek suara yang menarik. Untuk sekedar main-main dan bersenang-senang, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. 

Itu tadi 6 aplikasi edit suara untuk PC dan 5 software untuk Android. Masih banyak lagi pilihan aplikasi yang tersebar di luar sana. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda adalah seorang pemula, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi yang gratis saja. 

Tapi, jika Anda merupakan seorang yang pemula dan memang ingin berkarir di dunia editing suara, maka Anda bisa memilih aplikasi yang berbayar dan profesional. Semua tergantung kebutuhan dan keinginan Anda.